Home  /  Tempat Wisata  / Wisata Budaya Dusun Jalawastu Desa Ciseureuh

Wisata Budaya Dusun Jalawastu Desa Ciseureuh


Wisata Budaya Dusun Jalawastu Desa Ciseureuh

Memasuki kawasan wisata budaya dusun Jalawastu desa Ciseureuh Brebes Jawa Tengah akan langsung terasa bahwa masyarakatnya masih mempertahankan budaya dan tradisi kuno. Mereka yang hendak masuk wilayah ini dilarang mengenakan barang-barang berbahan kulit seperti jaket, sepatu, dompet dan ikat pinggang. Petugas akan meminta pengunjung untuk melepaskan barang berbahan kulit dan menyimpannya hingga mereka pulang.

Wisata Budaya Dusun JalawastuSetiap tahun warga Jalawastu menggelar upacara adat yang biasa disebut Ngasa. Upacara ini dilakukan setiap selasa kliwon dalam kalender Jawa kuno. Pelaksanaan upacara dipusatkan dalam hutan yang dikeramatkan yakni pesarean Gedong. Perjamuan makanannya pun cukup unik, pengunjung dijamu makanan berupa jagung yang ditumbuk dengan campuran lauknya berupa umbi-umbian. Cara penyuguhannya pun sangat tradisional hanya menggunkan daun dan plastik.

Wisata Budaya Dusun JalawastuUpacara ngasa dilakukan sebagai bentuk sedekah gunung kepada Tuhan yang maha esa atas segala karunia yang diberikan. Upacara Ngasa berasal dari budaya nenek moyang yang beragama hindu. Tradisi Ngasa berarti pula perwujudan syukur kepada Batara Windu Buana yang merupakan pencipta alam.

Wisata Budaya Dusun JalawastuTradisi lain yang masih dilakukan oleh masyarakat adalah pertunjukan perang centong. Perang ini menggambarkan 2 jawara setempat yang menginginkan adanya perubahan adat istiadat melawan yang ingin tetap mempertahankan budaya.

Wisata Budaya Dusun JalawastuBudaya lain yang masih tetap adalah Hoe Gelo atau Rotan Gila. Permainan ini dalkukan oleh beberapa pemuda yang memegang batang rotan panjang. Setelah dibacakan mantra maka rotan akan bergerak liar dan sulit dikendalikan. Ada lagi tradisi beraroma mistik, yaitu Benta Benti tradisi ini digelar setelah kemarau panjang untuk meminta hujan. Dalam upacara meminta hujan ini diiringi alunan musik bambu. Karena kelestarian budayanya pemerintah akan segera menjadikan dusun Jalawastu sebagai desa wisata.

Related Post


Harga Tiket Masuk Taman Kupu-kupu Alian Butterfly Park
Harga Tiket Masuk Taman Kupu-kupu Alian Butterfly Park

Mengenal ragam jenis si cantik kupu-kupu dan berfoto bersama mereka,…

Menikmati Agrowisata Petik Stroberi Di Jepang
Menikmati Agrowisata Petik Stroberi Di Jepang

Cukup membayar sekitar 180.000,- pengunjung dapat memakan dan memetik stroberi…

Berkunjung Ke Pulau Panambungan
Berkunjung Ke Pulau Panambungan

Ingin menghabiskan liburan dengan berpetualang?. Akan menjadi pilihan tepat dengan…

Wisata Mengenal Jenis-jenis Ayam di D’Kandang Park
Wisata Mengenal Jenis-jenis Ayam di D’Kandang Park

Ayam ada beragam jenisnya, ayam petelur, ayam konsumsi, hingga ayam…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *