Home  /  Tempat Wisata  / Tempat Wisata Cokelat Di Badung Bali

Tempat Wisata Cokelat Di Badung Bali


Tempat Wisata Cokelat Di Badung Bali

Coklat tak hanya disukai anak-anak, kaum dewasa pun menggemarinya. Awalnya coklat hanya dikonsumsi penduduk Meso Amerika kuno sebagai minuman para bangsawan. Namun kini olahan biji kakau bisa dinikmati siapa pun. Olahannya semakin beragam, diantaranya ada yang berbentuk permen coklat batangan, dan es krim.

Wisata coklat di baliInilah asal mula coklat yang biasa kita makan. Ini adalah biji kakau atau biji coklat. Tanaman ini tumbuh di dataran rendah dengan kondisi iklim tropis sekitar 20ºC hingga 32°C. Di toko coklat di Badung Bali ini, selain diperkenalkan dengan buah kakau, kita juga dipersilahkan mencicipi biji kakau.

Proses permentasi biji kakauUntuk menjadi coklat yang bisa dikonsumsi biji kakau perlu melewati beberapa tahap. Setelah mengetahui buah kakau, kita diajak melihat proses selanjutnya yakni permentasi. Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 5 hari. biji kakau yang sudah dilepaskan dari kulitnya ditempatkan di kotak kayu dan diiamkan dengan ditutupi potongan daun pisang di atasnya.

Setelah 5 hingga 7 hari, biji kakau akan masuk ke tahap pencucian untuk menghilangkan sisa proses permentasi. barulah pengeringan biji kakau dilakukan. Tak jauh berbeda, penjemuran juga dilakukan sekitar 6 hari. Ini dilakukan untuk menurunkan kadar air pada biji. Biji sudah dianggap kering jika biji sudah patah atau rapuh. Kini biji bisa masuk ke proses penggilingan, biji yang telah digiling disebut kakau nips dimana kulit sudah terkupas dari biji.

Proses selanjutnya kakau nips akan digiling menjadi coklat pasta. Barulah setelah itu dicampur dengan bahan lain untuk membuat coklat yang nantinya bisa kita makan. Seperti membuat milk chocolate, bahan campuran yang dibutuhkan adalah gula pasir, lemak coklat dan bubuk susu. semua bahan dicampur menggunakan mesin hingga suhunya mencapai 60°C.

tempering coklatSebelum adonan coklat dicetak dengan beragam bentuk, tahap tempering atau menurunkan suhu menjadi 30°C diperlukan. Ini dilakukan di atas meja berbahan batu granit. Penurunan suhu ini dilakukan agar kristal gula dan lemak coklat menjadi halus. Nantinya akan dihasilkan coklat yang berkilau.

Wisata coklat badung baliSensasi berwisata di tempat wisata cokelat di Badung Bali yang sarat dengan pengetahuan tentang coklat ini bisa dirasakan dengan mengikuti tour cokelat yang ditawarkan di Badung Bali. Dengan mengeluarkan biaya Rp. 450.000,- untuk dewasa dan Rp. 250.000,- untuk anak-anak, selama 2 jam wisatawan akan diajak berkeliling melihat proses pengolahan dan pembuatan coklat.

Nasgor coklat

Gado-gado siram coklatTempat yang berdisi sejak januari 2013 ini tidak hanya menawarkan coklat dalam bentuk permen batangan, Coklat pun dikemas seperti nasi goreng dan gado-gado. Bahan-bahannya tak jauh berbeda dengan nasi goreng atau pun gado-gado biasanya. Padu padan dengan coklatlah yang membedakannya. Kalau Nasigoreng menggunakan coklat nips, dan gado-gado menggunakan adonan coklat cair. Sayur mayur dan bumbu kacang bercampur dengan lelehan coklat.

 

Related Post


Tempat Wisata Kebun Hidroponik
Tempat Wisata Kebun Hidroponik

Banyak cara digunakan warga Palembang Sumatera Selatan untuk menikmati libur…

Kisah Penambang Batu Kalimaya
Kisah Penambang Batu Kalimaya

Desa Pajagan kecamatan Sajira Banten di sinilah hampir sebagian masyarakatnya…

Suasana Tenang di Taman Cina Malaysia
Suasana Tenang di Taman Cina Malaysia

Menikmati suasana alam dengan nuansa Cina dapat Anda rasakan di…

Monumen Cinta Habibie Ainun Di Pare-pare
Monumen Cinta Habibie Ainun Di Pare-pare

Monumen cinta Habibie Ainun yang ada di sudut lapangan Andimakasau…



One thought on “Tempat Wisata Cokelat Di Badung Bali

  1. Boleh minta informasi tentang wisata coklat lebih detailnya ga?



Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *