Home  /  Tempat Wisata  / Berwisata Ke Pulau Samosir

Berwisata Ke Pulau Samosir


Berwisata Ke Pulau Samosir

Keindahan alam tiada banding berpadu dengan tradisi dan budaya yang lestari, inilah surga kecil di Sumatera Utara. Dimulai dari sini Parapat, salah satu destinasi wisata populer sejak jaman Belanda. Disinilah dermaga penyebrangan Ajibata yang menjadi titik awal bagi para pelancong berwisata ke Pulau Samosir. Ada 5 jadwal keberangkatan kapal Ferry dari Ajibata menuju Tomok.

Wisata Ke Pulau SamosirIni dia kapal penumpang yang bisa jadi pilihan, dalam sehari jadwal keberangkatannya bisa lebih banyak dibandingkan kapal ferry, yaitu setiap 45 menit sekali. Tak hanya orang, motor juga dapat dibawa menggunakan kapal ini. Kesibukan bongkar muat berhenti ketika sirene kapal berbunyi, ini penanda bahwa kapal akan segera berangkat.

Wisata Danau TobaMelewati perairan danau Toba danau Kaldera terbesar di dunia ini semilir angin menyapa ramah. Pemandangan alam khas danau toba menambah nikmatnya mata memandang. Itu menjadikan danau yang terbentuk akibat letusan supervolcano 74 ribu tahun ini layak menjadi ikon pariwisata Sumatera Utara.

Menggunakan kapal kayu ini dikenakan biaya 6000 rupiah dari Ajibata hingga ke Tomok. Selain itu, kapal ini juga melayani rute lain di Danau Toba. Setelah melewati setengah jam perjalanan, akhirnya kami sampai di Tomok. sebuah desa sarat budaya di timur Samosir.

Wisata Ke Pulau SamosirSampai di pelabuhan Tomok kita akan disambut jajaran aneka kebutuhan rumah tanggga. Inilah pasar Tomok. Geliat perekonomian Samosir terasa di disini. Aktifitas jual beli berlangsung dari hari senin sampai hari sabtu saja. Jajanan tradisional melengkapi pasar ini, ada kue wijen, wajik lapis, dan masih banyak lagi. Semua bisa dicicip.

Wisata Budaya Sigale-GaleSelamat datang di desa wisata Tomok, suguhan pertama bagi para pengunjung adalah tarian Sigale-gale. Tak hanya melihat, pengunjung juga bisa menari bersama dengan iringan musik batak dan gerakan boneka Sigale-gale.

Sigale-galeKita akan diajak menari tari tor-tor dengan aneka gerakan tangan.Tak harus gemulai, semua pengunjung bisa bergembira bersama. Sigale-gale diambil dari nama putera tampan raja Rahat yang bernama Simanggale. Saat berperang, Simanggale tewas. Kematian anaknya ini membuat sang raja sangat sedih. Boneka Sigale-gale pun dibuat menyerupai wajah tampan putra raja. Dalam sebuah upacara Sigale-gale bergerak dan menari layaknya manusia. Diyakini roh putra sang anak raja masuk ke dalam boneka kayu. itulah cerita dibalik keberadaan boneka Sigale-gale yang mulai jarang ditemui ini.

Di desa Tomok memang ada beberapa tempat pertunjukan boneka Sigale-gale, patung kayu Sigale-gale yang digerakkan secara manual menari bersama iringan musik Batak Toba. Sayangnya iringan musik tarian hanya diputar melalui rekaman kaset.

Desa wisata Tomok memang surganya wisata budaya, cukup berjalan beberapa langkah dari tempat Sigale-gale, pengunjung akan menemukan sebuah makam yang sarat dengan cerita sejarah.

Makam Raja SidabutarInilah kuburan tua raja Sidabutar. Konon raja Sidabutar adalah orang pertama yang mengijakkan kaki di Samosir. Ada 3 raja yang dimakamkan di tempat ini bersama para kerabatnya. Makam raja Sidabutar dibuat dari batu dengan kepala memanggul anak. Ini mengandung arti anak batak sangat menghargai anaknya dan ingin anaknya memiliki derajat lebih tinggi. Selain itu kuburan di komplek ini beragam zaman, dari saat agama belum ada, sampai masuknya agama Keristen dan Islam. Sang juru kunci makam merupakan keturunan ke 16 raja Sidabutar akan menjelaskan sejarah makam dan akan menjawab pertanyaan para pengunjung.

Museum BatakSatu lagi tempat bermuaranya cerita tentang Batak Yaitu museum Batak Tomok. Bagian luar museum menyerupai rumah Bolon atau rumah Batak dengan ornamen khasnya.

Museum BatakObjek wisata ini mempunyai ratusan koleksi benda bersejarah. Mulai dari senjata pusaka, peralatan tidur, peralatan memasak dan boneka Sigale-gale. Benda-benda dimuseum ini tak hanya menjadi peninggalan raja Batak jaman dulu, Tapi juga dipercaya memiliki kekuatan mistik.

Museum BatakDari banyaknya koleksi museum ada satu yang menyita perhatian saya. Selalu ada cerita dibalik keberadaan sebuah benda. Cerita sejarahnya hingga yang melegenda semua bisa dicari tau di sini.

TomokSetelah puas menjelajah sejarah batak, tak lengkap rasanya kalau belum mengunjungi pusat oleh-oleh yang berjajar disekitar desa wisata. Beragam cindera mata bisa jadi pilihan. Puluhan kios berjajar dengan beraneka daganyannya, mulai dari pakaian, aneka ornamen batak hingga pernak-pernik.

Tomok hanyalah sepotong kecil dari keindahan Samosir, tapi saya puas bisa menikmatinya seharian ini.

Info Wisata Indonesia Dan Dunia:

patung sigale gale,

Related Post


Ada Apa Saja Di Kota Wina Austria Kota Terbaik Di Dunia?
Ada Apa Saja Di Kota Wina Austria Kota Terbaik Di Dunia?

Tahukah kamu ada apa saja di kota Wina Austria?. Inilah…

Berapa Biaya Berlibur Ke Pantai Ora Maluku Tengah
Berapa Biaya Berlibur Ke Pantai Ora Maluku Tengah

Indonesia bagian timur adalah tujuan wisata kami kali ini. Siapa…

Berwisata ke Air Terjun Pelangi Curug Cimahi
Berwisata ke Air Terjun Pelangi Curug Cimahi

Letak geografis Bandung yang dikelilingi gunung dan hutan yang masih…

Wisata Jongker Walk Malaka Malaysia
Wisata Jongker Walk Malaka Malaysia

Malaka yang terkenal dengan kota sejarah ini mempunyai salah satu…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *